Sabtu, 29 Mei 2010

SELAYANG PANDANG PERKEMBANGAN JUJITSU I-KYUSHIN RYU DI INDONESIA

SELAYANG PANDANG PERKEMBANGAN JUJITSU   I-KYUSHIN RYU   DI INDONESIA
Pada tahun 1942 R. SOETOPO  adalah seorang pejuang yang tergabung pada pasukan Pembela Tanah Air di Jawa Timur, semasa bermukim di barak pasukan PETA beliau digembleng beladiri Jujitsu yang beraliran Kyushin – Ryu oleh tentara Dai Nippon yang bernama Mr. ISHIKAWA. Sesudah masa kemerdekaan beliau pulang ke kota kabupaten Ponorogo Jawa Timur dimana beliau berasal dengan pangkat Kapten AD sampai dengan purnawirawan.
Pada tahun 1964 Bpk. Kapten (pur.) R. SOETOPO atas keterampilan beladiri semasa perjuangan sebagai PETA maka beliau diminta menjadi pembina persatuan JUDO di kota Ponorogo sambil menurunkan ilmu beladirinya kepada pemuda DPM SITOMPUL dan diikuti adiknya FIRMAN P.H SITOMPUL dan beberapa kawannya.
Pada tahun 1967 DPM SITPMPUL bersama FIRMAN P.H SITOMPUL disesepuhi oleh Bpk. R SOETOPO mendirikan perguruan beladiri yang diberinama perguruan JU-JITSU BANTARAN ANGIN disingkat PERYUBANTA yang berpusat di kab. Ponorogo Jatim dan membuka kesempatan kepada masyarakat muda Ponorogo untuk bergabung menjadi murid Ju-Jitsu, diantaranya HERU NURCAHYO
Pada tahun 1970 terjadi kekosongan pelatih-pelatih handal PERYUBANTA  karena meneruskan studinya keluar daerah Ponorogo diantaranya DPM SITOMPUL diterima di AKABRI dan kelanjutan PERYUBANTA dipegang oleh FIRMAN PH SITOMPUL, bersama HERU NURCAHYO, SUSILO HADI SANTOSO  dkk.
Pada tahun 1972 SERMATAR DPM SITOMPUL setelah mendapat pengukuhan Instruktur Ju-Jitsu di AKPOL, maka beliau langsung merevitalisasi PERYUBANTA menjadi JU-JITSU BANTARAN ANGIN  I-KYUSHIN RYU  dengan melantik FIRMAN PH SITOMPUL dari SAKURA III menjadi DAN III JU-JITSU, HERU NURCAHYO  SAKURA I menjadi DAN I JU-JITSU serta SUSILO HADI SANTOSO  SAKURA I menjadi DAN I JU-JITSU
[Ishikawa digabungkan pada aliran kyushin ryu hanya untuk mengenang]
Pada tahun 1981 Pusat Ju-jitsu BANTARAN ANGIN I-KYUSHIN RYU dipindahkan ke Ibukota DKI Jkarta, dan diadakan revitlisasi organisasi dari JU-JITSU BANTARAN ANGIN  I-KYUSHIN RYU menjadi INSTITUT JU-JITSU INDONESIA (IJI) diaktenotariskan dengan berbadan hukum  YAYASAN IJI dengan pendirinya  : H.J HUTAGAUL, DPM SITOMPUL, FIRMAN PH SITOMPUL, HERU NURCAHYO.
Demikian selayang pandang ini dipublikasikan hanya untuk menyempurnakan perkembangan Ju-Jitsu dalam Institut Ju-Jitsu Indonesia yang sudah berkembang secara Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

me

me
JU - JITSU IS MY LIVE N FIRST LOVE

Pengikut

Mengenai Saya